DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTI MEDIA (072)
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami etimologi multimedia | 1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia 1.2 Menjelaskan multimedia content production 1.3 Menjelaskan multimedia communication |
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia | 2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia 2.2 Menjelaskan proses production multimedia 2.3 Menjelaskan proses post production multimedia |
3. Merawat peralatan multimedia | 3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia 3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia 3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia |
4. Mengelola isi halaman web | 4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency 4.2 Memeriksa links dan navigasi 4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan 4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan |
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi | 5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video 5.2 Mengoperasikan kamera video 5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar 5.4 Mengoperasikan kamera 5.5 Menata kabel-kabel kamera 5.6 Mengoperasikan clapper board |
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia | 6.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana) 6.2 Membuat sketsa 6.3 Menggambar perspektif 6.4 Menggambar objek 6.5 Menggambar ilustrasi |
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi | 7.1 Menjelaskan syarat animasi 7.2 Membuat gambar kunci 7.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci |
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip | 8.1 Mendeskripsikan gambar yang asli 8.2 Membuat gambar-gambar asli 8.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi 8.4 Membuat gambar tiga dimensi |
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) | 9.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi 9.2 Membuat model warna dan tempat warna |
10. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia | 10.1 Menggunakan software teks multimedia 10.2 Mendesain teks multimedia |
11. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia | 11.1 Mengedit gambar digital 11.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D 11.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D 11.4 Menampilkan karya seni digital 2D |
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia | 12.1 Menggunakan kamera digital 12.2 Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia 12.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D |
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia | 13.1 Menjabarkan format audio digital 13.2 Menggunakan software audio digital 13.3 Merancang audio digital 13.4 Membangun track audio digital |
14. Membuat story board aplikasi multimedia | 14.1 Mengidentifikasi kebutuhan 14.2 Merencanakan alur isi story board 14.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board |
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya | 15.1 Menjelaskan dasar tata cahaya 15.2 Menjelaskan efek cahaya 15.3 Menyiapkan operasi lighting |
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi | 16.1 Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus 16.2 Menginstallasi software efek khusus 16.3 Membuat efek khusus pada obyek |
17. Menyusun proposal penawaran | 17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek 17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan 17.3 Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada 17.4 Membuat proposal 17.5 Membuat pengajuan permohonan tender. |